Senin, 16 Februari 2015

antarmuka-IMK

Beberapa hari yang lalu, saat sedang cari referensi buat tugas, tidak sengaja saya membuka suatu website. Ternyata website itu salah satu buletin milik BPOM. berikut tampilan awal buletin.
Nah... bagaimana menurut teman-teman tampilan web ini? Menurut saya tampilan ini kurang enak dilihat. Pertama, bagian daftar isi terlalu besar. Selain itu, penataan gambar kurang baik sehingga terlihat kurang rapih. Jenis tulisan yang dipakai terlalu beragam, membuat tampilannya semakin tidak rapih. Tampilan yang fullcolor memang menarik, tetapi bila perpaduan warnanya tidak cocok, justru akan memperburuk tampilan.
Tulisan "Edisi 11 2009" yang dibuat menimpa nama buletin kurang tepat, pencantuman edisi bisa diletakkan di tempat lain, misalnya di bawah judul besar.
Tulisan "ANTI KETOMBE" terlalu besar, akibatnya tampilan kolom tidak sama besar. tampilan kolom di awal yang tidak sama besar ini memberi kesan tidak rapih.
Angka-angka 5, 10, dan 2 pada daftar ini terlalu besar dan kurang bisa dipahami secara langsung oleh pembaca. Jika memang angka-angka itu merupakan halaman, peletakkan angka-angka tersebut kurang tepat karena tidak berurutan.
Gambar di atas adalah halaman selanjutnya. Latar kolom sebelah kiri yang bermotif kain tembus pandang kemungkinan dimaksudkan agar latar belakang halaman dapat terlihat. Namun penggunaan latar kolom seperti itu membuat beberapa bagian dari tulisan kurang bisa dibaca dengan jelas.
Latar warna judul "Efek Samping Anti Ketombe" melewati batas kolom dan menutupi gambar. tulisan "pada sediaan kosmetik" juga melewati batas kolom. Lagi-lagi membuat tampilan menjadi tidak rapih.
Selain kekurangan yang saya sebutkan di atas, masih ada bagian halaman yang enak dibaca dan menarik. Untuk lebih jelas silakan kunjungi perpustakaan.pom.go.id

9 komentar:

  1. Menurut saya juga untuk website diatas memang terkesan kurang menarik. Pemilihan warna yang terlalu ngejreng dan tabrak warna itu adalah masalah pertama. Kemudian tata letak yang terkesan sembarang dan pemakaian font yg terlalu formal serta gambar gambar yg jadual menurut saya merasa malas untuk membacanya.

    Rury E.P G3427

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... kurang enak dibaca , apalagi saat saya lagi cari referensi, butuh info yang cepat dan enak langsung dibaca..

      Hapus
  2. sepertinya buletin ini dibuat menggunakan banyak shape yang secara mentah langsung dituangkan begitu saja dengan bentuk yang bermacam-macam disini, sehingga membuat tampilan tidak karuan dan tidak enak dipandang.

    Resti A. G34130080

    BalasHapus
  3. sepertinya buletin ini dibuat menggunakan banyak shape yang secara mentah langsung dituangkan begitu saja dengan bentuk yang bermacam-macam disini, sehingga membuat tampilan tidak karuan dan tidak enak dipandang.

    Resti A. G34130080

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin.. hehehe terlalu banyak jenis font yang dipakai..

      Hapus
  4. wah, sudah buat tampilan website... pembelajarn yang baik memang dari kesalahan. tidak karuan itu keteraturan yang tertunda.. hehe, semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. danke.. :) iya.. saya suka bikin buletin juga.. lagi belajar juga.. saya lebih suka tampilan yang sederhana tapi lucu hehe

      Hapus
  5. haha iya.. bagus dan menarik sebenarnya. Tapi konsepnya agak jadul saja. untuk sekarang yang lebih mendukung tampilan web dan design yang lebih simple :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. infonya lumayan bagus sebenarnya kalau dibaca.. tapi karena awalnya begitu jadi malas baca hehe

      Hapus