1. Langkah yang harus dilakukan saat eror terjadi tidak ada dalam pesan eror.
Penampilan pesan eror pada bagian kode booking sudah cukup baik. Masalah user disampaikan dengan jelas. Hanya saja bagaimana langkah mengecek atau melakukan penyelesaian masalah belum disampaikan.
Tidak ada tambahan keterangan seperti misalnya tanda bintang yang menandakan bahwa kolom yang disediakan harus diisi. Hal ini dapat memicu User salah dalam menjalankan aplikasi atau kegiatannya dalam website tersebut.
Saat User tidak mengisikan salah satu kolomdata, misalnya stasiun tujuan, maka kolom pemesanan tiket akan berubah menjadi seperti di bawah ini.
Pesan eror yang menyatakan bahwa semua konten harus diisi muncul lalu tampilan yang belum diisi berubah warna. Perbedaan warna membantu user untuk menyadari bagian proses yang bermasalah. Namun lebih baik di awal ditambakan keterangan bahwa semua komponen wajib diisi.
Severe Ratings : 2
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.
ya, sepertinya website kereta-api.co.id perlu banyak perbaikan.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus