Selasa, 09 Juni 2015

CONSISTENCY AND STANDARDS - KERETA-API.CO.ID

Pengguna tidak harus bertanya-tanya apakah kata-kata yang berbeda, situasi, atau tindakan berarti hal yang sama.
1.  Konten dari menu utama berubah saat mengklik menu Reservasi Tiket.
Gambar di atas menunjukkan tampilan awal saat membuka menu Beranda Utama. Konten dari menu utama adalah Beranda Utama, Tentang Kami, Layanan Produk, Informasi Media, Galeri Foto, Reservasi Tiket, dan Heritage Railway.
Saat membuka menu Reservasi Tiket konten menu utama tadi menjadi Beranda Utama, Reservasi Tiket, Layanan Penumpang, Channel Pemesanan, Titam Reservation, Paket Rombongan, dan Kereta Wisata. Konten menu utama sebelumnya dapat diperoleh kembali dengan hanya memilih menu beranda. Memilih menu selain beranda tidak mengubah konten menu awal. Perbedaan konten dapat membuat user bingung terutama user yang baru pertama kali membuka website ini. Sebaiknya bila ada menu tambahan diletakkan dalam sub menu sehingga tampilan dapat konsisten.


2.Satu menu mempunyai penyebutan yang berbeda.
Menu utama untuk pemesanan tiket yang tertera pada menu utama adalah Reservasi Tiket. Namun pada bagian bawah terdapat suatu icon yang berisi pemesanan tiket. kedua pilihan ini mengarah pada laman yang sama. Penyebutan yang tidak konsisten tidak sesuai dengan prinsip Evaluasi heuristik. 

Severe Rating : 2 
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki  dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe.  Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar