Sistem harus
selalu memastikan pengguna mengetahui informasi tentang apa yang terjadi, melalui umpan balik yang sesuai dalam waktu yang wajar. Suatu sistem web harus dapat memperlihatkan proses apa yang sedang
terjadi apabila user melakukan aksi terhadap web tersebut. Misalnya pada
suatu proses upload harus memperlihatkan progress bar sehingga user
dapat memperkirakan berapa lama proses tersebut berjalan.
Ada beberapa hal yang menjadi perhatian terkait visibility of status dari website :
1. Masing-masing menu dapat dibuka dari menu lainnya pada menu utama.masing menu dapat dibuka
dari menu lainnya pada menu utama.
Gambar
memperlihatkan laman saat membuka beranda. Setelah di scroll terus ke bawah, tanpa sadar ternyata sudah berada di laman
menu tentang kami. Sampai seterusnya di scroll ke bawah akan terbuka menu-menu lainnya secara berurutan sampai galeri. Seiring dengan itu,
tanda menu yang aktif juga ikut bergerser. Fokus utama mata ketika membaca
tulisan di dalamnya tidak memperhatkan perubahan tanda yang terjadi pada menu,
sehingga apabila sudah selesai membaca, user akan bingung dengan menu aktif
yang berbeda dengan menu yang user pilih sebelumnya. contohnya ketika user memilih menu beranda, tetapi ternyata dia sudah berada di menu tentang kami user akan merasa melakukan kesalahan. Sebaiknya setiap menu mempunyai halaman masing-masing yang terpisah. Tiap halaman menu dapat diakses dengan memilih atau mengklik menu pada menu utama.
Judul menu yang
tertera di menu utama adalah Heritage Railway. Namun saat menu Heritage Railway terbuka, judul utama pada laman adalah Unit Pusat Pelestarian, Perawatan dan Desain Arsitektur. Selain itu
tidak ada keterangan yang menyatakan bahwa laman yang telah terbuka itu
merupakan menu Heritage Railway. User dapat menduga dirinya berada pada halaman yang salah atau belum berada pada halaman Heritage Railway.
Severe Ratings = 1
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar